//
sedang membaca...
Catatan, Celoteh

Some memorable ancient songs…


Ini adalah lagu-lagu yang memorable banget, lagu-lagu akhir 90-an, waktu gw masih SD. Jamannya Ultraman masih jadi idola, dan Teletubbies masih aktif tampil di TV sebagai so-called boyband–enggak deng, yang terakhir barusan itu lebay aja. Lagu-lagu ini mengingatkan gw sama masa kecil yang dihiasi main layangan, berenang di kali, main sepeda….semuanya dilakukan secara nyata, bukan lewat simulasi melalui iPad.

Ingatan gw seperti beranjak menuju sebuah gedung tua bergaya Belanda yang sekarang sudah jadi SD Negeri di Depok, tempat gw menghabiskan masa 6 tahun pertama wajib belajar, dan main bola di halaman belakang melawan rival yang juga satu-satunya kelas sebelah. Lalu ke hamparan sawah dan lapangan yang dulu adalah tempat gw main layangan, main bola juga…yang sekarang semuanya sudah jadi rumah dan perumahan. Eh, kok jadi ga fokus ya?

Hmm…ya sudahlah, yuk lah kita fokus lagi ke lagu-lagu yang gw bahas tadi. Sekarang mari kita mulai dari lagu pertama yang bikin gw nulis blog ini….

1) Rita Effendi – Januari di Kota Dili

Yang gw suka dari lagu ini adalah aransemennya yang bertempo sedang dengan sound-sound etnik, terasa “berbudaya Indonesia”. Olah vokal Rita Effendi memberi nuansa powerful nan emosional, dan taraaaaa…terbentuklah lagu yang berkarakter kuat khas Indonesia 90-an. Unsur melodic-nya terasa banget, jadi gak boring walau, sekali lagi, tempo lagu ini sedang-sedang aja.

2) ME – Inikah Cinta

Yang gw inget dari lagu ini adalah, saat itu gw kelas 3 SD, masuk siang, dan tiap pagi lagu ini diputar di ANTV. Sejujurnya gw gak gitu suka, tapi liriknya itu catchy banget, dan berhasil menembus tembok kesombongan gw yang hampir selalu berkata: “boyband itu cuma modal tampang dan nari-nari gak jelas, makanya mereka gak cukup pantas untuk disebut sebagai musisi”. Lagu ini ternyata meruntuhkan mindset gw itu, walaupun belakangan mindset gw bangun lagi karena,…ya tonton aja deh acara musik jaman sekarang! :p

Satu lagi, entah ada pengaruhnya atau enggak karena gw belum baca informasinya, di jaman ME dulu, boyband yang sedang booming itu adalah semacam Westlife atau Backstreet Boys, jadi kemungkinan ME dan boyband-boyband lokal tanah air masih berkiblat ke boyband-boyband Barat sana.

3) Wayang – Dongeng

Lagu ini diputer tiap pagi di TV, diawali vokal anak kecil di verse pertama. Dan suara anak kecil itu kemudian akan muncul lagi di beberapa part selanjutnya. Ini adalah alasan awal gw tertarik sama lagu ini pada masa itu. Alasan selanjutnya adalah, lagu ini bercerita tentang anak kecil yang gak bisa tidur, minta dikasih dongeng. Ini adalah tema yang anti-mainstream karena gak banyak band yang memunculkan tema berbau bocah. Musiknya pun easy-listening, tapi gak asal-asalan. Gak perlu dibandingkan sama band-band masa kini, jauh lah. Musikalitas lagu ini oke banget, coba aja dengarkan verse ketiga dan verse keempat (setelah chorus pertama), liriknya dinyanyikan berbeda dengan verse pertama dan kedua. Dan bom itu meledak menjelang outro….

4) Stinky – Mungkinkah

Lagu ini selalu gw tunggu di depan TV sama temen main gw waktu kecil dulu. Kenapa ya? Gak begitu paham sih, cuma karena….ya suka aja. Andre masih bocah ABG waktu itu, dengan rambut belah tengah khas 90-an. Keren di masanya!

5) Ikke Nurjanah & Aldi Bragi – Memandangmu

I never really like dangdut, tapi bisa jadi ini adalah satu pengecualian. Dangsut yang masih rapi, masih berkelas. Musik yang ditata, direncanakan dan diesekusi dengan matang, dan penyanyinya pun tidak bermodal dada-paha dan wabah-ayan-yang-dilestarikan seperti belakangan ini. Sebetulnya musiknya juga gak murni dangdut sih, ada unsur pop-nya juga, mungkin karena ada Aldi Bragi di sana. Lagu ini selalu muncul tiap pagi, dan jujur aja, lagu ini nyantol di kuping gw. Aransemennya bikin gendang telinga gw menari-nari (halah!). Dan yang gw inget adalah setelah lagu ini, acara selanjutnya adalah telenovela, dan gw pun beranjak main layangan di samping rumah…

Sebetulnya ada banyak lagu-lagu memorable masa kecil gw, kayak Tu Wa Ga Pat-nya Project Pop (waktu itu masih lucu-lucunya!), Bukan Pujangga-nya Base Jam, dan lain-lain. Tapi cukup 5 ajah ya….

Oh iya, dulu waktu gw SMP, waktu GlobalTV masih baru launching, dia masih ada tayangan dari MTV. Nah tiap malem itu suka ada MTV Ampuh yang suka re-run sekitar jam 12 siang, kalo ga salah. Kerjaan gw dulu nonton acara ini…dari Iwan Fals baru muncul lagi dengan Kupu-kupu Hitam Putih, Padi dengan Hitam-nya, dan lain-lain. Selain MTV Ampuh, beberapa program MTV Indonesia lainnya juga oke, salah satu yg gw inget itu ada program semacam private concert, salah satu yang dibikinin adalah Project Pop yang baru merilis album PopOK. Beberapa kali re-run, gw tetep tonton!

Sudah dulu ah, kapan-kapan gw nulis lagi….. πŸ˜€

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kicau

%d blogger menyukai ini: