//
sedang membaca...
Catatan

L’Arc~en~Ciel live: 20th L’Anniversary!


L’Arc~en~Ciel 20th L’Anniversary

Akhirnya gw bisa nonton juga! Walaupun masih versi HDTVRip, ini udah mendingan banget kok. IMHO, kualitasnya setara lah sama DVDRip, dan lumayan besar sampai butuh spesifikasi komputer yang lumayan tinggi buat putar video ini dengan lancar. Untung aja komputer gw memenuhi matakuliah prasyarat…..

Ini adalah live-nya L’Arc~en~Ciel alias Laruku yang pastinya ditunggu banget sama Cielers sedunia. Ini adalah live utuh mereka setelah vakum sejak single terakhir, Bless, tahun 2008 lalu. 3 tahun, ya? Tanda-tanda comeback-nya mereka sudah dimulai dari dirilisnya single Good Luck My Way‘, dilanjutkan dengan live perayaan ulang tahun ke 20 mereka: 20th L’Anniversary, beberapa hari setelahnya.

Laruku!

L’Anniversary kali ini berlangsung selama dua hari, tanggal 28-29 Mei 2011, di Ajinomoto Stadium, di depan puluhan ribu penonton yang memenuhi tribun maupun lapangan yang didesain sedemikian rupa, jadi teratur banget. Di Indonesia bisa gak ya kayak gitu? Seperti biasa, stage Laruku selalu keren di setiap live mereka! Megah banget, dan modern. Dan penontonnya ternyata gak cuma seumuran gw, tapi beragam mulai dari nenek-nenek sampai ABG. Sebegituhebatnyakah kharisma mereka di Jepang sana?

Di hari pertama, mereka membawakan lagu-lagu mereka antara tahun 1991-1999. Konser dimulai dengan cara yang unik: keempat member Laruku: Hyde, Tetsuya, Ken, dan Yukki, turun dari Limousin hitam, lalu berjalan kaki ke arah stage. Sambil jalan, tentu saja mereka lambai-lambai gak jelas ke arah penonton. Apalagi Ken yang girang banget kayaknya. Hahaha.

Ini suasana di Ajinomoto Stadium. Teratur banget ya….

Konser dimulai dengan lagu In The Air, diawali dengan solo bass-nya Tetsuya. Kebetulan, sudah lama gw pengen dengar lagu ini dibawakan secara live, dan sekarang terwujud. Cuma sayangnya gw gak bisa nonton White Feather yang sebenarnya mereka bawakan juga, tapi gak ada di video yang gw dapat. Sayang banget. Semoga di DVD yang akan mereka rilis, White Feather masuk juga. Amiien. In The Air dan White Feather adalah dua lagu di album kedua mereka, Tierra, yang paling gw seneng.

Walau hujan, mereka berempat tetap semangat lho! Lagu berikutnya adalah salah satu hits mereka yang selalu abadi dan bikin goyang striptis, Caress of Venus. Lagu ini cukup bikin seisi stadion berjoget ria, mungkin mengikuti jogetnya Hyde yang rada-rada berbau maho itu. Dan selanjutnya, ada DUNE, Blurry Eyes, dan Lies and Truth. Setelah itu, adalah salah satu lagu yang gw tunggu-tunggu: Flower! Seperti biasa, diawali dengan harmonikanya Hyde yang langsung dilempar ke arah penonton, lagu ini dibawakan dengan manis dan membangkitkan emosi penontonnya *halah*. Lagu selanjutnya adalah Anata, dan konser hari pertama ditutup dengan Niji.

Penontonnya dikasih bola-bola raksasa. Seru!

Hari kedua! Hujan lebih lebat dari hari pertama sebelumnya. Yukki naik ke panggung duluan, dan memainkan drumnya. Ini adalah Ready Steady Go! Berikutnya Ken dan Tetsuya masuk, menerima gitar dan bass masing-masing dari officer, dan mengikuti gebukan drum Yukki yang powerful itu. Lalu Hyde naik ke stage dengan teriakan khas “Are you ready? Are you ready? Are you fuckin’ ready?” Dan READY STEADY GO jadi pembuka konser hari kedua yang langsung bikin semangat.

Selanjutnya adalah Heaven’s Drive, dengan Hyde memainkan gitarnya. Di sini dia malah lebih mirip Avril Lavigne, hahaha. Dilanjutkan dengan Driver’s High, Shinshoku -lose control-, dan STAY AWAY. Lagi-lagi Tetsuya bagi-bagi pisang di sini, sambil bersolo bass yang dilengkapi dengan efek distorsi. Setelah STAY AWAY, Laruku membawakan Link yang santai tapi riang itu dengan ‘normal’, tanpa berhenti di tengah seperti biasa, dan diikuti dengan lagu favorit gw: Hitomi no Jyuunin!

Ini yang gw tunggu: Hitomi no Jyuunin~

Gw mau komentar tentang lagu favorit gw ini. Sebelumnya gw udah nonton bocorannya, dan menurut gw Hyde kurang prima di sini. Tapi setelah gw nonton versi ini kualitasnya jauh lebih baik, baru deh terlihat kualitas Laruku yang sebenarnya! Hyde gak keteter banget kok di lagu ini, dia berhasil menguasai vokalnya dengan baik. Apalagi di bagian ‘utsuri yuku shunkan o sono hitomi ni sundeitai‘, feel-nya terasa banget. Pas bagian ‘yuki no you ni sora ni saku‘, Hyde juga berhasil meraih range vokal tertingginya, dan membawakan bagian ini dengan baik. Overall, Laruku membawakan Hitomi no Jyuunin sedikit lebih baik daripada 15th L’Anniversary tahun 2006 dulu.

Lagu berikutnya adalah single terbaru mereka, Good Luck My Way. Nah, justru di sini Hyde agak keteteran. Apalagi di bagian ‘egao no tonari ni itaikeredo‘ dan ‘harewataru aozora ga mabushii‘, Hyde lumayan keliatan keteteran. Udah tua kali ya? Hahaha. Maklum aja deh. Selanjutnya rangkaian live ini ditutup dengan BLESS.

Good Luck My Way!

Gila, live ini pasti bakal mengobati kerinduan Cielers akan Laruku. Seperti biasa, live Laruku selalu keren, keren banget. Selalu inovatif dan punya konsep yang kuat. Walaupun 20th L’Anniversary udah keren banget, tapi buat gw tetep belum bisa mengalahkan 15th L’Anniversary mereka tahun 2006 lalu. Selain karena vokal Hyde masih lumayan, konsep 15th L’Anniversary itu kuat banget, cuma sayang agak jatuh justru di bagian Hitomi no Jyuunin-nya, kurang dapet feel-nya, makanya cuma dikasih jadi bonus track.

Setelah ini, Laruku sedang merencanakan World Tour mereka buat 2012 mendatang. Sejauh ini, Bangkok akan jadi wilayah Asia Tenggara pertama yang mereka kunjungi. Indonesia? Sedang diusahakan sama salah satu promotor lokal, semoga berhasil. Sejauh ini sih sepertinya masih lancar-lancar saja, terakhir mereka ngasih kabar kalau sedang mengusahakan Laruku live indoor di Jakarta. Wah, semoga saja kesampaian ya!

Dukung terus deh #LarukuJKT, semoga jadi nyata. Gw dan my beloved Adinda pasti akan ngusahain buat nonton Laruku di Jakarta, karena……..kapan lagi coba? Hehehehe. Sekali lagi, semoga #LarukuJKT menjadi nyata. Amiien.

#nowplaying L’Arc~en~Ciel – flower

Ini kembang api setelah Blurry Eyes.

Ini waktu konser berakhir. Yukki ikutan ngelempar pisang lho!

Ini beberapa potong rekaman 20th L’Anniversary. Credit to uploader yaaa…..

Oh iya, buat yang nanya-nanya link unduhan, maaf gw gak bisa kasih, nanti kena UU ITE yang intinya begini: “boleh punya konten bajakan, tapi gak boleh disebar”, CMIIW….. Salam!

Iklan

Diskusi

3 thoughts on “L’Arc~en~Ciel live: 20th L’Anniversary!

  1. *mata memelas*

    Posted by dinda | 14 Agustus 2011, 22:13
  2. dmana saya bisa membeli DVD nya??

    Posted by Nopparu muriansya' | 31 Oktober 2012, 02:43

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kicau

%d blogger menyukai ini: