//
sedang membaca...
Ulasan

Youth Sweat Beautiful (Pocari Sweat Ad)


Udah lama deh gw pengen banget nulis tentang ini. Masa anak iklan gak pernah nulis tentang iklan? Mau jadi apa? Hahaha. Masa bodoh dibilang kemakan word-of-mouth, yang penting gw suka. Kebetulan gw lagi jenuh ngerjain revisi skripsi yang gw juga gak ngerti banget apa yang musti gw tulis. Ya sudah, gw mau tulis tentang iklan Pocari Sweat yang jingle-nya populer banget, terutama di kalangan J-lovers.

So far gw lihat beberapa versi iklannya, tapi yang sering gw lihat ada dua, yang versi 30 detik. Temanya sama, ada mbak-mbak naik sepeda. Ujung-ujungnya berkeringat dan minum Pocari Sweat. Shooting-nya katanya sih di Afrika Selatan, dan talent yang jadi ceweknya itu adalah orang Indonesia lho, Mariska Aelke. Tampangnya emang kayak orang Asia Timur, tapi dia orang Indonesia. Di sini dia dipanggil ‘Neng Elke’ sama fans-nya yang mayoritas kaum adam.

Yang bikin iklan ini menarik apa ya? Dari storyline-nya sih biasa aja, gak spesial. Mungkin yang jadi pusat perhatian pertama kali adalah jingle-nya yang catchy itu, ditambah sama penampilan Neng Elke. Inget Neng Elke, inget Pocari. Dan begitu dengar jingle-nya, orang langsung inget Pocari. Memang kuat banget sih di sini. Dan TV ad ini berhasil membangun awareness yang kuat bermodalkan jingle dan talent-nya.

Ini dua versi TV ad-nya:

Hateshinai ao no mukou e,
Bokutachi no mirai wa hirogaru
Beautiful day, kimi to boku ga koko ni iru
Hashitta bun dake michi wa nobiru kara,
Day by day, ima wo ikiyou

Dalam Bahasa Indonesia:

Menuju langit biru tanpa batas,
Masa depan kita terbuka lebar.
Beautiful day, aku dan kamu berada di sini.
Karena hanya dengan berlari jalan pun menjadi lurus,
Day by day, mari kita jalani bersama!

Ngomong-ngomong tentang jingle-nya, yang nyanyi namanya Ryutaro Makino, kelihatannya sih orang Jepun asli, gak pake KW-KW-an kayak Neng Elke. Makanya fasih banget Jejepangannya. Liriknya itu ternyata asik juga ya, hahahaha. Gw suka lah pokoknya….saya gak mau komentar banyak. Dan I don’t care juga mau dibilang apa.


Eh iya, ada versi parodinya, yang bikin ini orang Indonesia dengan model yang juga lokal Indonesia. Gw ngakak nontonnya. Kalo Neng Elke yang asli pakai sepeda fixie dan minum Pocari yang botol sedang, ini pakai sepeda ontel dan minum Pocari dari botol 2 liter. Parah, hahaha. Tonton aja sendiri ya…

“…cuman hari ini bisa habis 2 liter. Besok, juga. Go Ion! Pocari Sweat…”

Salam. Have a nice day!

Diskusi

2 thoughts on “Youth Sweat Beautiful (Pocari Sweat Ad)

  1. Haha sebenernya storyline dia lebih cocok sama kultur Jepang, bukan Indonesia…
    Soalnya dia insightnya itu berbagi minuman (kissu tidak langsung) via botol pocari.
    Kalo Jepang kan begonoan dianggap waaaaah banget, kalo negara kita ma udah pada beku, mati rasa, mau minta minum punya anak kecil atau bekas pacar orang pun direbut aja minumannya.
    Hahahahahahahahaahaha

    Posted by dech | 22 Juli 2011, 01:09
    • berarti ada cultural miss dong ya di sini? tp kyknya intinya tuh yang penting di “berbagi”-nya ya…
      yg jelas iklannya menurut gw sih lumayan sukses, soalnya tulisan gw yg ini selalu masuk 3 besar tulisan gw yg paling banyak dibaca orang…

      Posted by anggakomnoltujuh | 22 Juli 2011, 06:23

Tinggalkan Balasan

Kicau

Kesalahan: Pastikan akun Twitter Anda publik.

